2022

Tips Mengenalkan Puasa Dan Melatih Anak Berpuasa

Tips Mengenalkan Puasa Dan Melatih Anak Berpuasa
Tips Mengenalkan Puasa Dan Melatih Anak Berpuasa
Tips Mengenalkan Puasa dan Melatih Anak Berpuasa Tips Mengenalkan Puasa dan Melatih Anak Berpuasa
Mengenalkan dan melatih anak berpuasa tanpa menciptakan ia bosan dan malah bersemangat.

Mengajak anak untuk berpuasa semenjak dini akan bermanfaat untuk kelak saat ia sudah beranjak dewasa. Dengan training semenjak dini, anak menjadi terbiasa untuk berpuasa. Melatih puasa anak bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan momen Ramadhan. Ia tidak akan sendirian melakukan puasa. Sebab seluruh umat muslim pada momen tersebut diwajibkan untuk berpuasa. Ada juga beberapa tips mengenalkan dan melatih anak berpuasa. Selengkapnya, simak ulasan berikut.

Memanfaatkan Momen Ramadhan

Anda bisa memanfaatkan momen Ramadhan untuk mengenalkan dan melatih anak berpuasa. Kenalkan dahulu konsep puasa yakni dengan mengajaknya makan sahur dan berbuka puasa. Pada awal berpuasa tidak harus menunggu hingga waktu berbuka puasa tiba. Lakukan secara sedikit demi sedikit dan sesuaikan dengan kemampuan anak Anda.

Tanyakan mengenai kesiapan anak. Sebab setiap anak mempunyai kesiapan yang berbeda-beda dan Anda dihentikan memaksanya. Jangan hingga alasannya paksaan anak menjadi mempunyai persepsi yang negatif terhadap puasa. Hal ini bisa membuatnya enggan melakukan ibadah jenis lainnya.

6 Tips Mengenalkan dan Melatih Anak Berpuasa

Mengenalkan dan melatih anak untuk menjalankan puasa memang gampang-gampang susah. Mereka bisa jadi sangat antusias saat memulai untuk berpuasa. Namun, lalu tiba-tiba ingin mengalah alasannya merasa haus dan lapar. Anda perlu memberikannya motivasi biar ia bersemangat melakukan puasa. Ada 6 tips mengenalkan dan melatih anak berpuasa yang bisa Anda coba.

1. Mengajarkan Hikmah Puasa Lewat Lagu Anak-anak

Banyak sekali lagu islami belum dewasa yang bertemakan puasa. Dari lagu ini belum dewasa bisa berguru mengenai urgensi puasa serta hikmahnya. Cara ibarat ini lebih menyenangkan untuk memperlihatkan petuah kepada anak dibandingkan Anda menceramahinya.

2. Meminta Mereka Puasa dari Makanan Tertentu Saja

Mengajarkan anak berpuasa tidak harus ibarat yang orang cukup umur lakukan. Anda bisa melatihnya dengan meminta berpuasa dari makanan tertentu saja yang disukai oleh anak. Misalnya anak sangat menyukai makan coklat. Mintalah ia untuk menahan tidak makan coklat selama waktu satu bulan penuh. Anda juga bisa mengajarkan anak biar tidak makan nasi selama orangtuanya melakukan puasa.

3. Jangan Memaksa Untuk Berpuasa Penuh

Biarkan anak berpuasa setengah hari atau beberapa jam kalau belum bisa melakukan puasa sehari. Hal ini cukup untuk melatihnya melakukan puasa. Jangan hingga Anda memaksa ia untuk berpuasa penuh apalagi kondisi fisiknya tidak memungkinkan.

4. Membuat Menu Makanan Sahur dan Buka yang Spesial

Buatlah hidangan makanan dan minuman favorit anak saat sahur dan berbuka puasa. Hal ini menjadi suatu momen yang paling dinanti-nanti saat berpuasa. Jadi, mereka akan senantiasa bersemangat dan antusias untuk berpuasa. Sesekali Anda bisa mengajaknya berbuka puasa di luar rumah.

5. Memberikan Hadiah Ketika Mereka Berhasil

Berikanlah hadiah kepada anak saat mereka berhasil menjalankan puasa ibarat yang diminta. Hadiah ini bisa menjadi motivasi anak untuk lebih bersemangat dalam menjalankan ibadah puasa. Apalagi kalau hadiah yang Anda berikan merupakan barang kesukaannya.

6. Melibatkan Anak dalam Berbagai Macam Tradisi Ramadhan

Ajaklah anak untuk melakukan banyak sekali macam tradisi Ramadhan ibarat menciptakan takjil, mendekorasi rumah untuk persiapan sebelum lebaran atau banyak sekali macam aktivitas lainnya. Mereka anak mencicipi euforia dari puasa Ramadhan dengan melibatkan tradisi tersebut.

Bagi Anda yang ingin mengajari anak berpuasa, beberapa tips mengenalkan dan melatih anak berpuasa diatas bisa dicoba untuk diterapkan. Melatihnya harus dengan telaten dan sabar ya. Jangan hingga anak menjadi merasa tidak nyaman dan terbebani.
Advertisement